Sabtu, 16 April 2011

Pengertian Zuhud




Assalamualaikum, kawan sekarang admin akan menjelaskan mengenai Zuhud, kalian mungkin akan menemukan pembahasan ini pada kelas 8, ya bahasan ini juga untuk umum, jadi tak ada salahnya untuk membaca, hohoho

   Penyakit terbesar umat manusia dari dulu hingga sekarang adalah kecintaan yang berlebihan terhadap harta dan dunia yang mereka hadapi.Orang yang lebih mementingkan dunia berarti tidak meyakini bahwa sesungguhnya kehidupan dunia hanya bersifat sementara. oleh karena itu, Islam sangat menganjurkan umatnya untuk memiliki sifat Zuhud agar tidak terlena atau terpengaruh oleh gemerlapnya kehidupan yang ada di dunia.

   Secara bahasa, Zuhud berarti perihal meninggalkan keduniawian. Adapun secara istilah tasawuf, Zuhud berarti berpaling dan meninggalkan sesuatu yang disayangi bersifat material atau kemewahan duniawi dengan mengharap dan menginginkan kemewahan dunia sesuai dengan kadar kemampuannya.


   Dapat disimpulkan dari atas bahwa zuhud berarti suatu sikap hidup dimana seseorang tidak terlalu mementingkan dunia atau harta kekayaan. Materi dan dunia ini hanya merupakan sarana atau alat untuk mencapai tujuan hakiki yaitu kehidupan akhirat.

   Zuhud bukan berarti semata-mata tidak mau memiliki harta dan tidak suka mengenyam nikmat duniawi, tetapi zuhud sebenarnya adalah kondisi mental seseorang yang tidak terpengaruh oleh harta dan benda dalam mengabdikan diri kepada Allah SWT.

Sekian dari Admin, terima kasih telah berkunjung Wassalamualaikum.

Reaksi:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar